Karang Taruna Inisiasi Penanaman di Sumber Mata Air Desa Ciater

Penanaman di sumber mata air Cicenang desa Ciater (Foto: Asep Ruslan)

KABUPATEN SUBANG, ASEPNEWS.com – Untuk menjaga dan melestarikan mata air yang ada di wilayah Kabupaten Subang terutama di Kecamatan Ciater, Karang Taruna dan aktivis lingkungan yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Lingkungan Kecamatan Ciater kerjasama dengan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II melakukan Gebyar Penanaman Gerakan Tanam Pelihara Pohon (GTPP) di lokasi mata air Kampung Cicenang desa Ciater, Selasa (23/6/2020) pagi.

Hadir dalam kegiatan Penanaman ini Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat (Ir. H. Epi Kustiawan, MP), Wakil Ketua DPRD Jawa Barat (Dr. Hj. Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos), Ketua Komisi 3 DPRD Jawa Barat (Hj. Cucu Sugyati, SE, MM), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, Kepala CDK Wilayah 2, Camat Ciater, Kades Ciater, Kapolsek Ciater, PGRI, Tokoh masyarakat dan penyuluh kehutanan CDK Wilayah 2.

Penyerahan bibit dari Epi Kustiawan kepada Irman Rahayu (Foto: Asep Ruslan)

Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciater, Irman Rahayu selaku koordinator penghijauan di Kecamatan Ciater mengatakan.

“Kegiatan ini adalah inisiasi dari Masyarakat Peduli Lingkungan Kecamatan Ciater yang terdiri dari IPCI, Karang Taruna, Lowaste, Pemuda Pancasila dan LMDH Kecamatan Ciater. Mudah-mudahan kedepan dengan dihijaukannya areal di Cicenang ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada di lingkungan kecamatan Ciater, khususnya yang berada di dua desa tersebut,” kata Irman Rahayu kepada Asepnews di lokasi penghijauan.

Para Pemuda Peduli Lingkungan Kecamatan Ciater (Foto: Asep Ruslan)

Menurutnya, bibit yang ditanam adalah bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

“Bibit yang ditanam merupakan bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Yang mana untuk termin pertama kami dapat 1000 pohon yang hari ini kita tanam gotong royong dengan masyarakat Kecamatan Ciater,” tutur Irman yang juga Koordinator kegiatan penghijauan.

Sumber mata air Cicenang merupakan sumber mata air bagi ribuan kepala keluarga di kecamatan Ciater terutama desa Ciater dan desa Palasari.

“Harapannya pohon yang sudah ditanam ini mohon untuk dijaga dan dipelihara bersama. Yang bertani disini bisa bekerjasama, agar usahanya tetap berjalan pohonnya mohon dijaga supaya ekosistemnya tidak rusak. Supaya ribuan kepala keluarga masyarakat di desa Ciater dan desa Palasari tidak dirugikan,” tegasnya.

Dalam sambutannya Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Dr. Hj. Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos., MM sangat mengapresiasi terhadap peranan para pemuda di kecamatan Ciater.

“Mengapresiasi teman-teman dari Karang Taruna dan pegiat lingkungan yang telah perduli terhadap lingkungannya dengan menginisiasi kegiatan penghijauan ini,” kata Ineu.

Irman Rahayu, Ineu Purwadewi, Cucu Sugyati bersama Karang Taruna (Foto: Asep Ruslan)

Kegiatan penghijauan hari ini adalah tahap pertama, dan tahap keduanya pada musim penghujan.

“Tadi Pak Kadishut mengatakan kepada saya bahwa kegiatan hari ini adalah tahap pertama, dan tahap keduanya pada musim penghujan. Untuk itu mohon kerjasama yang baik dari semua pihak,” ungkapnya.

Cucu Sugyati, Epi Kustiawan dan Ineu Purwadewi bersama PGRI (Foto: Asep Ruslan)

“Saya berterima kasih kepada semua pihak terutama Dinas Kehutanan dan para penyuluhnya, karena apa yang menjadi aspirasi masyarakat di Ciater dapat terlaksana,” ujarnya.

“Menanam itu bukan tugas pertama dan terakhir, tapi terus berkelanjutan. Dan yang paling penting adalah memelihara atau mengurus pohon yang sudah ditanam agar bisa tumbuh dengan baik,” terangnya.

Harapannya, kegiatan penghijauan hari ini dapat dicontoh untuk dilakukan di tempat lain.

“Kegiatan penghijauam hari ini bisa menjadi contoh untuk dilakukan di tempat-tempat yang lainnya. Kegiatan hari ini adalah kebaikan kita semua sebagai warisan yang bisa kita berikan untuk anak cucu kita nanti,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat juga memberikan apresiasi kepada para pemuda yang cinta terhadap lingkungannya.

“Saya memberikan apresiasi kepada rekan-rekan semua terutama para pemuda yang begitu cinta terhadap lingkungannya. Kegiatan ini tidak hanya berhenti hari ini tapi terus berlanjut,” kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Ir. H. Epi Kustiawan, MP saat memberikan sambutan.

Penanaman pohon oleh Epi Kustiawan (Foto: Asep Ruslan)

Penjelasan Epi, untuk kegiatan penghijauan ini Bapak Gubernur Jawa Barat telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Gerakan Tanam dan Pelihara 50 juta pohon di Jawa Barat.

“Bapak Gubernur Jawa Barat telah mengeluarkan Edaran Gerakan Tanam dan Pelihara 50 juta pohon. Agar masyarakat Jawa Barat selalu gembira karena air dan oksigen selalu tersedia. Kalau setiap orang penduduk Jawa Barat yang berjumlah 49 juta orang, dimana setiap orang yang berulang tahun nyumbang 1 pohon, maka penanaman 50 juta pohon akan cepat selesai,” ujarnya.

Sukseskan Gerakan Tanam Pelihara 50 Juta Pohon Jabar (Foto: Asep Ruslan)

“Sampai dengan hari ini Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat mencatat Gerakan Tanam dan Pelihara 50 juta pohon sudah dilakukan penanaman sebanyak 6 juta pohon. Walaupun kita sedang dilanda pandemi virus Covid-19, tetapi Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon terus digelorakan untuk pencapaian yang maksimal agar hutan Jawa Barat Lestari dan bermanfaat bagi kesejahteraan mayarakat,” pungkasnya.

Simak Pesan Kadishut Jabar Gerakan Tanam Pelihara 50 Juta Pohon:

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishBahasa Indonesia