MK Targetkan Uji Materi UU Pemilu Selesai Januari 2018

Mahkamah Konstitusi, UU Pemilu

Ilustrasi Sidang Mahkamah Konstitusi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

 

Jakarta, — Mahkamah Konstitusi (MK) menargetkan seluruh uji materi terkait dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu rampung pada Januari 2018.

“Kami harapkan awal Januari sudah selesai agar tidak menganggu kalender ketatanegaraan, proses pemilu berikutnya ” kata Ketua MK Arief Hidayat di Gedung DPR, Rabu (6/12).

Arief mengatakan, hampir semua gugatan uji materi tentang UU Pemilu ke MK telah selesai dalam proses persidangan. Hanya tinggal satu perkara saja yang masih harus diselesaikan.

“Kami harapkan bisa kami selesaikan,” ujarnya.

Selain itu, kata Arief, MK juga menyiapkan sejumlah instrumen peraturan untuk menghadapi Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

Tak hanya itu, persiapan sejumlah instrumen peraturan untuk menyongsong Pilpres 2019.

“Dengan persiapan-persiapan ini diharapkan MK mampu untuk menyelesaikan kewenangan dan fungsi yang diberikan oleh konstitusi,” tutur Arief.

Di sisi lain, Arief juga mengungkapkan keberhasilan MK dalam menyelesaikan sejumlah perkara atau sengketa dalam pilkada serentak tahun sebelumnya.

“Tahun 2015, 151 perkara sudah diselesaikan, kemudian Pilkada yang lalu 56 perkara sudah diselesaikan, ditambah yang disusulkan menjadi 61 perkara yang diselesaikan,” ujar Arief.

Sumber: cnnindonesia.com

 

439total visits,2visits today

,
EnglishBahasa Indonesia