Biodiversitas, Emil Salim, Hari Lingkungan Hidup Dunia

Biodiversitas Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020

KOTA BANDUNG, ASEPNEWS.com – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) jatuh setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya aksi positif dalam menjaga alam dan bumi.

Biodiversitas, Emil Salim, Hari Lingkungan Hidup Dunia
Prof. Dr. Emil Salim, MA Pendiri Yayasan Keanekaragaman Hayati (Yayasan KEHATI)/Foto: Asep Ruslan

Sejarah peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, digagas pertama kali dalam Konferensi Stockholm di Swedia tanggal 5-16 Juni 1972 oleh Jepang dan Senegal.

Kondisi saat itu, berbagai persoalan lingkungan menimbulkan keresahan bersama. Di sejumlah wilayah di Eropa dilanda kabut asap, sementara di Jepang mewabah penyakit Minamata.

Indonesia juga punya andil dalam penetapan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut, sebab kala itu perwakilan Indonesia Profesor Dr. Emil Salim yang menjabat sebagai Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara dengan anggota delegasi dari berbagai departemen, juga bersuara mengenai keadaan lingkungan di negara berkembang.

Akhirnya, keputusan akhir Konferensi Stockholm, salah satunya menyepakati penetapan 5 Juni, yang merupakan tanggal pembukaan konferensi, sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali diperingati tahun 1974 dalam berbagai bentuk kampanye. Indonesia tercatat pernah mencetak perangko bertema Hari Lingkungan Hidup Sedunia mulai 2004-2009.

Biodiversitas, Emil Salim, Hari Lingkungan Hidup Dunia
Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Foto: Asep Ruslan)

Untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2020, mengangkat tema Time for Nature dengan fokus pada Biodiversitas atau Keanekaragaman Hayati.

Dengan tujuan, kita diingatkan untuk melindungi dan melestarikan satu juta spesies tumbuhan dan hewan yang sedang menghadapi kepunahan. Kepunahan berbagai spesies tumbuhan dan hewan ini dapat disebabkan oleh perubahan iklim dan perbuatan manusia yang masih memburu satwa, merusak hutan, dan mencemari lingkungan.

Biodiversitas, Emil Salim, Hari Lingkungan Hidup Dunia
Keanekaragaman Hayati, Tema Hari Lingkungan Hidup 2020 (Foto: Asep Ruslan)

Biodiversitas sangat penting untuk kehidupan manusia. Keanekaragaman Hayati merupakan hal yang penting bagi penunjang kehidupan dan berperan sebagai indikator dari sistem ekologi dan sarana untuk mengetahui adanya perubahan spesies.

United Nations Environmet Programme (UNEP) yaitu program pelestarian lingkungan dari PBB, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020, menetapkan Kolombia sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan tema tersebut. Karena Kolombia merupakan negara yang menjadi rumah bagi hampir 10 persen keanekaragaman hayati di seluruh dunia. Kolombia juga bermitra dengan Jerman untuk program ini.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sudah dirayakan lebih dari 143 negara dengan melakukan edukasi dan berbagai aktivitas menarik bersama dengan anak-anak sebagai generasi penerus yang akan menjaga bumi. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishBahasa Indonesia