Madrasah, PBI KOSTRAD, Gotong RoyongMadrasah, PBI KOSTRAD, Gotong RoyongMadrasah, PBI KOSTRAD, Gotong Royong

GOTONG ROYONG BUDAYA DAN JIWA SEMANGAT BANGSA INDONESIA

Madrasah, PBI KOSTRAD, Gotong Royong
Warga masyarakat PBI KOSTRAD Cangkuang Rancaekek melaksanakan gotong royong karya bhakti membangun Sekolah Agama (Madrasah) (Minggu, 10/09/2017)

ASEPNEWS.COM, Rancaekek – Walaupun hari libur yang seharusnya digunakan untuk holiday atau rekreasi rupanya untuk Mayjen TNI (Purn) Asep Kuswani, M.Si sebelum melaksanakan kegiatan dengan keluarga waktu yang ada digunakan untuk melaksanakan karya bhakti (gotong royong) bersama warga masyarakat.

Madrasah, PBI KOSTRAD, Gotong Royong

Menurut bapak Mayjen TNI Purn Asep Kuswani bahwa gotong royong itu merupakan salah satu budaya yang merupakan perwujudan dari semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari sejak dulu.

Ketika di masa perjuangan Presiden Republik Indonesia yang pertama bapak Ir Soekarno pada sidang Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tahun 1945 beliau menyampaikan bahwa gotong royong merupakan “Jiwa” masyarakat Indonesia.

Madrasah, PBI KOSTRAD, Gotong RoyongMadrasah, PBI KOSTRAD, Gotong RoyongMadrasah, PBI KOSTRAD, Gotong Royong

Memang kata gotong royong ini cukup sederhana namun mempunyai makna yang lebih luas dan bermanfaat bagi masyarakat. Secara harfiah kata gotong royong ini berasal dari bahasa Jawa atau Sunda “gotong ” yang artinya memikul sesuatu oleh lebih dari satu orang kemudian “royong” berarti bersama sama jadi kurang lebih arti secara keseluruhan melaksanakan suatu pekerjaan yang dilakukan secara bersama sama dengan penuh keikhlasan dan kekeluargaan tanpa mengharapkan balas jasa.

Kegiatan ini sangat positif dilaksanakan dimasyarakat adanya kebersamaan, rasa senasib sepenanggungan, persatuan dan kesatuan saling tolong menolong serta memiliki jiwa sosial.

Akan tetapi pada akhir akhir ini jiwa gotong royong nampaknya sudah mulai menurun khusus nya masyarakat perkotaan yang sibuk dengan kegiatannya masing masing akan tetapi di masyarakat pedesaan masih dapat dilaksanakan seperti contoh di PBI KOSTRAD Cangkuang Rancaekek Bandung hampir setiap Minggu bagi masyarakat yang tidak ada kegiatan khusus atau sebelum melaksanakan kegiatan masing masing masyarakatnya cukup kompak melaksanakan karya bhakti dulu (gotong royong) bertepatan minggu ini sedang membangun Sekolah Agama (Madrasah) dengan anggaran swadaya masyarakat.

4 thoughts on “GOTONG ROYONG BUDAYA DAN JIWA SEMANGAT BANGSA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishBahasa Indonesia