Inilah Pengurus Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera 2020-2023

Pengurus Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera 2020-2023 (Foto : Asep Ruslan)

Koperasi Konsumen

KOTA BANDUNG – Pemilihan Pengurus “Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera (KLTS)” yang berlokasi di Komplek Perumahan Bumi Panyileukan Blok C22 No.10 RT.03 RW.03 Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung, berlangsung lancar diikuti oleh anggota Koperasi sangat antusias dalam pemilihan pengurus ini. Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, acara berlangsung di Kedai Kopi Lereng Tanggul, Blok C22 RW 03 Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Rabu (14/10/2020) malam.

Dari hasil rapat panitia pendirian Koperasi yang diketuai oleh Ketua RT.03 Dindin Sahidin, terpilih sebagai Ketua Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera adalah Ir. H. Asep Ruslan.

Rapat Pendirian Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera (Foto : Asep Ruslan)

Susunan pengurus Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera Periode 2020-2023

Pengurus Koperasi :

  1. Ir. H. Asep Ruslan (Ketua)
  2. Suharto, MAP, BE (Sekretaris)
  3. Euis Komariah Bc. AK (Bendahara)

Manager Usaha :

  1. Dindin Sahidin (Manager)
  2. Dudi Wahyuna (Asisten Manager)

Pengawas :

  1. Agus Ismuwidayat
  2. Drs. Sigid Harimurti, M. Ipol
  3. Dra. Wetty Arnani, M.M.Pd

Pembina :

  1. Ketua RW.03 (Drs. Nar Herrhyanto, M.Pd)
  2. Ketua RT 01 (H. Chaeruddin)
  3. Ketua RT 02 (H. Win Winata)
  4. Ketua RT 03 (Dindin Sahidin)
  5. Ketua RT 04 (Machroz Lagana)
  6. Ketua RT 05 (M. Bondan Wisnutoyo)
  7. Ketua RT 06 (Drs. Tapip Bahtiar, M.Ds)
Pengurus Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera (Foto : Asep Ruslan)

Dindin Sahidin, selaku pimpinan rapat yang juga inisiator pendirian Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera mengatakan.

“Saya mengucapkan syukur alhamdulillah, Koperasi yang diharapkan akhirnya dapat terwujud. Semoga KLTS ini bisa menjadi wadah untuk kegiatan ekonomi masyarakat khususnya di Komplek Perumahan Bumi Panyileukan warga RW.03 dan masyarakat Jawa Barat pada umumnya. Dengan budaya Sabillulungan dan Semangat Gotong Royong, juga dikelola oleh pengurus yang profesional, semoga koperasi ini akan mensejahterakan anggotanya,” kata Dindin.

Menurutnya, gagasan pembentukan Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera berawal dari diskusi di WA Grup Anggota dan Pengurus KKLT bersama Ketua RW.03 dan tokoh masyarakat lainnya.

Gagasan tersebut terus bergulir mendapat dukungan berbagai pihak, diantaranya Ketua Unit Kerjasama FISIP Universitas Pasundan (UNPAS) yang juga Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Departemen Koperasi dan UKM, DR. Ida Hindarsah, MM, M.Si dan dukungan dari Staf pengajar Politeknik Negeri Bandung (Polban), Sulistia Suwondo S.E., M.Si.,A.k.

Sulistia Suwondo, Asep Ruslan dan Suharto (Foto: Asep Ruslan)

Ir. H. Asep Ruslan dalam sambutannya selaku ketua Koperasi terpilih mengatakan.

”Syukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada Bapak/Ibu yang sudah memberikan kepercayaan. Saya akan emban amanah ini dengan sebaik-sebaiknya, untuk itu mohon dukungan dan bimbingan dari Bapak/Ibu semuanya. Agar Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera yang sudah dibentuk ini mempunyai kinerja maksimal untuk sebesar-besarnya kesejahteraan anggota dan bisa memberikan kontribusi maksimal kepada masyarakat sekitarnya,” ujar Asep Ruslan, Rabu (14/10/2020) malam.

Dengan semangat gotong royong untuk berbagi dan bekerjasama, Asep mengajak warga di Perumahan Bumi Panyileukan dapat turut serta ikut bergabung untuk menjadi anggota Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera.

“Untuk itu kepada Bapak/Ibu warga Perumahan Bumi Panyileukan dan umumnya masyarakat Jawa Barat. Dengan semangat gotong royong untuk berbagi dan bekerjasama, Bapak/Ibu mari bergabung untuk menjadi anggota di Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera. Dengan menjadi anggota koperasi, kita dapat membantu memperkuat perekonomian keluarga dan memberdayakan ekonomi masyarakat sekitarnya,” pungkasnya.

Ketua RW.03 Kelurahan Cipadung Kidul, Drs. Nar Herrhyanto, M.Pd dalam sambutannya mengatakan.

“Alhamdulillah pada hari ini Rabu 14 Oktober 2020, di malam yang indah ini telah berdiri sebuah koperasi konsumen yang berbadan hukum bernama Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera. Koperasi ini mempunyai unit usaha kuliner yang bernaung dalam Kedai Kopi Lereng Tanggul (KKLT). Mudah-mudahan koperasi ini lambat laun bisa berkembang pesat seiring berjalannya waktu, sehingga dapat menyejahterakan anggotanya,” kata Ketua RW 03 Drs. Nar Herrhyanto, M.Pd yang juga staf pengajar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Rapat Pembentukan Pengurus Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera (Foto : Asep Ruslan)

Turut hadir pada acara tersebut selain Ketua RW.03, juga hadir nara sumber DR. Ida Hindarsah, MM, M.Si dan Sulistia Suwondo S.E., M.Si.,A.k., Drs. Sigid Harimurti, M. Ipol, Dra. Wetty Armani, M.M.Pd, Euis Komariah, Bc.Ak, Sekretaris RW.03 Agus Ismuwidayat, Sekretaris PKK RW.03 Indiria Kasih, ST, Suharto.MAP.BE, Dudi Wahyuna, dan anggota Koperasi Lereng Tanggul Sejahtera yang lainnya.

Di akhir acara, Ketua Unit Kerjasama FISIP UNPAS, DR. Ida Hindarsah, MM, M.Si dalam sambutannya mengatakan.

“Sesuai dengan fungsinya koperasi yaitu untuk membantu kesejahteraan anggotanya, maka koperasi menjadi salah satu pilihan untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan tujuannya. Semangat untuk berbagi, bekerjasama dan gotong royong menjadi ruh dalam menjalankan koperasi dan karakter ini sesuai dengan kultur masyarakat Indonesia. Idealnya koperasi harusnya bertumbuh cepat di Indonesia namun faktanya banyak koperasi yang tidak jalan dan bangkrut, beberapa masalah diantaranya adalah adanya mindset bahwa koperasi ini hanya untuk kaum tua dan hanya untuk simpan pinjam, keterbatasana pengetahuan tentang koperasi berkaitan dengan lemahnya manajerial, terbatasnya literasi keuangan dan digitalisasi. Sehingga tidak heran kalau selama ini koperasi dianggap kuno atau ketinggalan jaman. Oleh karena itu pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan berbagai perubahan, salah satunya dengan Rebranding Koperasi,” kata DR. Ida Hindarsah, MM, M.Si di Kedai Kopi Lereng Tanggul, Rabu (14/10/2020) malam.

Sigid Harimurti, Ida Hindarsah, Sulistia Suwondo dan Asep Ruslan (Foto: Asep Ruslan)

Menurutnya, banyak upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah mulai dari pemberian pelatihan-pelatihan, bantuan permodalan, peningkatan kapasitas koperasi, dll.

“Mudah-mudahan upaya ini bisa termanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga keberadaan koperasi akan menjadi soko guru perekonomian bangsa ini, dan salah satu wujud nyata seperti yang dilakukan oleh  warga Perumahan Komplek Bumi Panyileukan dengan Caffe Kedai Kopi Lereng Tanggul ini. Yang mana atas inisiasi warganya berupaya untuk membuat koperasi sebagai perwujudan kepedulian bagi warganya untuk menjadikan warganya  lebih sejahtera, dengan semangat yang luar biasa mereka secara bersama-sama mengadakan rapat pembetukan koperasi yang dihadiri oleh beberapa perwakilan warga, mereka dengan serius mendengarkan sharing koperasi diselingi dengan diskusi kecil terkait pembentukan koperasi tersebut. Semoga ihtiar ini menjadi penyemangat bagi warga lainnya untuk mau bertumbuh bersama koperasi. Salam Sukses,” pungkas Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Departemen Koperasi dan UKM, DR. Ida Hindarsah, MM, M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishBahasa Indonesia