KADAMAS Seminar Online “WANOH JERO KANA KALENDER SUNDA”

KADAMAS Seminar Online “Wanoh Jero Kana Kalender Sunda” (Foto: KADAMAS)

Kalender Sunda bukti tingginya kebudayaan masyarakat tradisi nusantara.

KOTA BANDUNG, ASEPNEWS.COM – Selama ini kita mengetahui berbagai sistem kalender suku-suku di berbagai belahan dunia. Kalender Romawi menjadi standar kalender internasional, dan kalender suku Maya yang sempat membuat heboh dunia karena tafsiran penelitinya yang meramalkan 2012 sebagai tahun dunia kiamat.

Ternyata tak perlu jauh untuk mencari sistem penanggalan yang menarik. Indonesia tidak hanya memiliki keragamaan budaya, suku bangsa, agama, atau etnis. Indonesia juga punya keragaman kalender lokal ditiap daerah. Penanggalan yang dilakukan berbeda antara satu etnis dengan etnis lain yang menyesuaikan dengan filosofi masyarakatnya. Menariknya kalender-kalender lokal tersebut telah diselesaikan dengan diadopsi sistem tahun masehi sebagai kalender nasional, salah satunya adalah Kalender Sunda.

Pabaru Sunda adalah kegiatan untuk memulai awal tahun dalam urutan perhitungan Kalender Sunda. Pabaru Sunda menjadi sangat penting karena berbeda dengan kalender masehi standar, penentuannya menggunakan berbagai perhitungan dan pengamanatan astronomis yang menunjukkan tingginya peradaban Sunda kuno dahulu.

Nama-nama bulan pun tidak mengikuti Kalender Masehi. Penamaan yang ada di Kalender Sunda adalah Kartika, Margasira, Posya, Maga, Palaguna, Setra, Wesaka, Yesta, Asada, Srawana, Badra, dan Asuji. Untuk nama hari pun berbeda. Minggu di Kalender Sunda disebut Radite, Senin disebut Soma, Selasa (Anggara), Rabu (Buda), Kamis (Respati), Jumat (Sukra), dan Sabtu disebut Tumpek.

Terkait dengan hal itu Korps Alumni Daya Mahasiswa Sunda (KADAMAS) mengadakan :

Bueuk Ngawangkong Online “WANOH JERO KANA KALENDER SUNDA”

LIVE DI ZOOM MEETING
Hari/tgl. : Minggu, 10 Mei 2020
Jam : Jam 16.00 – 17.30 Wib
Peserta Check in jam 15.00 Wib

Nara Sumber :
1. Dr. Mudji Raharto
2. Ir. Sobirin Supardiyono
3. Ir. Roja R Mintaredja

Moderator : Dian Hendrayana, S.S., M.Pd
Dosen UPI & Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Bandung

PESERTA TERBATAS, GRATIS, TERBUKA UNTUK UMUM

Informasi dan Pendaftaran :
Kang Hasan Soleh : 0813-9422-2566
Kang Asep Ruslan : 0813-4640-9664

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishBahasa Indonesia