Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid MARLA Purwakarta

Ketua Yayasan Asep Ruslan, bersama tokoh masyarakat Desa Nagrak (Foto: Asep Ruslan)

Yayasan Rahmat Lil Alamin

PURWAKARTA – Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis untuk kemajuan peradaban ummat Islam. Sejarah telah membuktikan multi fungsi peranan masjid tersebut. Masjid bukan saja tempat shalat, tetapi juga sebagai pusat pendidikan, pengajian keagamaan dan fungsi-fungsi sosial-ekonomi lainnya.

Aiptu Iwan Widianto, Udin, Asep Ruslan dan Dede Yulianto (Foto: Asep Ruslan)

Ketua Yayasan Rahmat Lil Alamin, Ir. H. Asep Ruslan bersama Camat Darangdan Drs. Al Idrus Nurhasan diwakili Kasi Kesos Asep Edi Kusnaka, SH, Kapolsek Darangdan Res Purwakarta Akp. Subagyo, SH diwakili Bhabinkamtibmas Desa Nagrak Aiptu Iwan Widianto dan Kepala Desa Nagrak Udi, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Rahmat Lil Alamin (Masjid MARLA), yang berada di Podok Pesantren Rahmat Lil Alamin, Jalan Raya Bandung Purwakarta Kampung Nagrak Rt.04 Rw.02 Desa Nagrak Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta, Rabu (23/9/2020).

Asep Edi Kusnaka bersama pengurus Yayasan dan tokoh masyarakat desa Nagrak (Foto: Asep Ruslan)

Dalam acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Desa Nagrak Dede Yulianto, Ketua MUI Desa Nagrak Ust. Nana Sufiyana, Tokoh masyarakat Desa Nagrak, Media, Kepala Sekolah SMK Nagrak Asep Mulyana, SP, Pembina Yayasan Rahmat Lil Alamin Ust. Asep Rahmat, M.Ag, Ustadz dan santri Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin.

Dalam sambutannya, Asep Ruslan mengatakan, dengan dilaksanakannya peletakan batu pertama pembangunan Masjid MARLA bersama pemerintah Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta, Polsek Darangdan dan Pemerintahan Desa Nagrak semoga berjalan dengan lancar dan aman.

“Mudah mudahan pembangunan Masjid MARLA ini berkat dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat, berjalan dengan lancar, aman dan selesai sesuai tahapan  yang sudah direncanakan. Masjid merupakan salah satu tempat yang ideal untuk membangun kehidupan perekonomian masyarakat menuju sejahtera berlandaskan nilai-nilai spiritual,” kata Asep Ruslan.

Ketua Yayasan Asep Ruslan, saat peletakan batu pertama Masjid MARLA (Foto: Asep Ruslan)

Menurutnya, peran dan fungsi masjid di tengah umat tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang. Umat Islam senantiasa dituntut agar menghidupkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pusat dakwah, dan pusat pembinaan umat manusia pola yang telah digariskan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat.

“Pemeliharaan dan pengelolaan masjid terkait tiga aspek yang saling mendukung, yaitu Idarah (manajemen), Imarah (pengelolaan program) dan Ri’ayah (pengelolaan fisik masjid). Masjid Marla diharapkan dapat dikembangkan fungsinya secara optimal memiliki multi fungsi dalam kerangka pembinaan aqidah, ibadah, ekonomi umat, serta muamalah lainnya,” ujarnya.

Pengurus Yayasan bersama manajemen PT. Karyanesia Utama Jaya (Foto: Asep Ruslan)

Harapannya, dengan adanya peletakan batu pertama pembangunan Masjid Marla, akan memberikan semangat kepada santri dan siswa lembaga pendidikan dan sosial dibawah naungan Yayasan Rahmat Lil Alamin (SMP Nagrak, SMK Nagrak, Pesantren Rahmat Lil Alamin, Panti Asuhan Anak Yatim dan Panti Jompo Bumi Rahmat Lil Alamin) dan masyarakat Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Sehingga, keberadaan Masjid Marla tidak hanya dirasakan oleh pengurus yayasan, siswa dan para santri saja. Tetapi masjid ini terbuka untuk masyarakat Kabupaten Purwakarta, khususnya warga desa Nagrak, Kecamatan Darangdan,” pungkasnya.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid MARLA

http://www.youtube.com/embed/zcMWgvMe_qw?rel=0&autoplay=1

Mohon doa dan dukungannya Pembangunan Masjid Marla (Foto: Asep Ruslan)

Panitia Pembangunan Masjid MARLA Menerima Donasi Uang/Barang

  1. Langsung ke Sekretariat Panitia Pembangunan Masjid MARLA, Jalan Raya Bandung Purwakarta Desa Nagrak RT.04/RW.02 Kec. Darangdan, Purwakarta (Hub. Asep Mulyana, SP. 0899-4148-890 & Ibu Mina Aminah, SP. 0896-534- 8623).
  2. Transfer Bank Mandiri 173-00-0709223-3 & Bank BRI 3293-01-036947-53-1 an. Panitia Pembangunan Masjid.
  3. Infaq Masjid MARLA melalui Scan QR Pay.
Infaq Masjid MARLA melalui Scan QR Pay (Foto: Asep Ruslan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishBahasa Indonesia