Tectona Peduli Lingkungan Penanaman Pohon (Foto: Asep Ruslan)

TECTONA PEDULI LINGKUNGAN Gelar Penanaman Bersama Masyarakat

PT. TECTONA CIPTA NIAGA

KABUPATEN BANDUNG – Peduli terhadap Lingkungan Hidup dan Alam, Tectona Peduli Lingkungan yang merupakan program kegiatan sosial dari PT. TECTONA CIPTA NIAGA kolaborasi IKA SKMA Bandung Raya, BPDASHL Cimanuk-Citanduy dan Masyarakat, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 gelar penanaman ratusan pohon di atas lahan milik masyarakat di Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Sabtu (27/2/2021).

Seperi kita ketahui, bahwa bencana alam dan banjir akhir-akhir ini terjadi melanda di berbagai daerah di Jawa Barat, seperti bencana tanah longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang (Sabtu (9/1/2021) dengan korban meninggal dunia 40 orang, Banjir bandang menerjang rumah warga di kawasan Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021) sebanyak 900 orang mengungsi dan 7 bangunan rusak, dan Ribuan rumah terendam banjir di 3 kecamatan Kabupaten Bandung, yakni Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang, Senin (11/1/2021), semuanya menyisakan duka mendalam.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,” kata H. Deden Hermadin Direktur PT. TECTONA CIPTA NIAGA dalam keteranganya di lokasi penanaman, Sabtu (27/2/2021).

Jenis pohon yang ditanam, kata Deden terdiri dari buah buahan seperti, kelengkeng, mangga, kopi, durian, jambu, nangka walanda (sirsak) dan pohon pucuk merah.

Kolaborasi Tectona dengan warga dalam penanaman pohon (Foto: Asep Ruslan)

“Jumlah pohon yang ditanam belum banyak, karena lahannya yang terbatas milik warga,” ujarnya.

Pohon yang ditanam ini, telah dipilih khusus agar bisa memberikan kemanfaatan jangka panjang hingga ke anak cucu, yang mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar termasuk pepohonan yang memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya.

Hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SKMA Bandung Raya, Yuni, BPDASHL Cimanuk-Citanduy, Ahmed Cascadi, Siswa SMK AN-NUR IBUN Majalaya, masyarakat dan karyawan perusahaan PT. TECTONA CIPTA NIAGA.

Menurut Deden, kegiatan penanaman ini menyertakan siswa SMK AN-NUR IBUNMajalaya yang sedang PKL di perusahaannya, dukungan dari IKA SKMA Bandung Raya Jawa Barat dan BPDASHL Cimanuk-Citanduy.

”Harapannya populasi pohon yang tinggi nantinya akan jadi lumbung air, bisa menahan terjadinya tanah longsor dan buahnya bermanfaat bagi warga. Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dari IKA SKMA Bandung Raya Jawa Barat dan BPDASHL Cimanuk-Citanduy,” tutur Deden yang juga Pengurus Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Kabupaten Bandung.

H. Deden Hermadin Direktur PT. TECTONA CIPTA NIAGA (Foto: Asep Ruslan)

“Selain semua itu tanam pohon ini juga sebagai bentuk peran serta  perusahaan untuk turut mensukseskan program pemerintah Jawa Barat dan Dinas Kehutanan Jabar menanam 50 juta pohon. Kegiatan penanaman pohon ini akan menjadi kegiatan rutin di perusahaan kami,” pungkasnya.

Kegiatan penanaman pohon ini yang dilakukan oleh Tectona, mendapat apresiasi dan pujian dari masyarakat.

“Kami dari masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pak H. Deden yang telah memberikan tanaman, semoga bermanfaat kedepannya,” kata Fuad warga desa Banjaran Wetan.

Jaja warga Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran (Foto: Asep Ruslan)

Begitupan dengan Jaja warga masyarakat lainnya menambahkan, “Dengan diinisiasi oleh Tectona, harapannya perusahaan swasta lainnya yang ada di daerah kami dan masyarakat bisa tergerak untuk melakukan penanaman pemulihan lingkungan di sekitarnya dengan budaya menanam pohon.

TECTONA adalah salah satu merk/brand produk pakaian lapangan yang dibuat oleh PT. TECTONA CIPTA NIAGA, dimana masyarakat bisa melihat lebih lengkap beragam produknya di instagram @tectona.outfit atau @tectona.shop.

Editor: Asep Ruslan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishBahasa Indonesia