Terjangan Angin Rusak Pesantren dan Rumah Warga di Purwakarta

Santri dan warga bersihkan pohon tumbang di Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin (Foto: Asep Ruslan)

Yayasan Rahmat Lil Alamin

PURWAKARTA – Puluhan rumah warga termasuk beberapa bangunan milik Yayasan Rahmat Lil Alamin (Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin, SMP Nagrak, SMK Nagrak, Panti Jompo dan Panti Asuhan Anak Yatim Bani Rahmat Lil Alamin) yang berlokasi di Jalan Raya Bandung Purwakarta RT.004 RW.002 Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, rusak ringan dan berat setelah diterjang angin kencang disertai hujan deras, Senin (21/9/2020) sore.

Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin & SMK Nagrak (Foto: Asep Ruslan)

Dampaknya selain menumbangkan beberapa pohon, juga mengakibatkan sarana dan prasarana Pesantren dan rumah-rumah warga rusak parah hingga sebagian hancur rata dengan tanah.

“Ada puluhan rumah yang mengalami kerusakan berat akibat terjangan angin kencang disertai hujan deras yang terjadi pada Senin (21/9/2020) sore kemarin. Termasuk di tempat kami Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin,” kata Ustadz Asep Rahmat, M.Ag, Pembina Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin di Purwakarta, Selasa (22/9/2020).

Rumah warga yang rusak akibat diterjang angin (Foto: Asep Ruslan)

“Sebagian besar kerusakan terjadi di bagian atap rumah. Selain itu, banyak pula pohon yang tumbang. Alhamdulillah kita bersyukur tidak ada korban jiwa baik di warga ataupun santri di Pesantren,” tambahnya.

Masyarakat dibantu aparat desa Nagrak bersama santri dan para ustadz, terlihat kerja bakti membereskan pohon-pohon yang bertumbangan, seng rumah warga dan pecahan genting yang rusak dan hancur dihempas angin.

Bangunan yang rusak di Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin (Foto: Asep Ruslan)

“Kami dari Pesantren Rahmat Lil Alamin dan warga Desa Nagrak. Mohon do’a dari sahabat semua, agar musibah seperti ini tidak terulang kembali. Semoga kami diberikan kemudahan agar dapat segera memperbaiki dan membangun kembali sarana prasarana rusak baik di Pesantren maupun rumah-rumah warga,” pungkas Ustadz Asep Rahmat.

Ditempat terpisah di Bandung, Ketua Yayasan Rahmat Lil Alamin Ir. H. Asep Ruslan mengatakan.

“Semua musibah yang terjadi akan lebih baik jika semuanya kita serahkan kepada Allah SWT. Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang atau bangunan kecuali dengan ijin Allah. Barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada kita. Dan Allah Maha Mengetahui atas segala sesuatu,” kata Asep Ruslan.

Asep Ruslan dan Asep Rahmat (Foto: Asep Ruslan)

“Dari bencana ini, mungkin dapat ditarik suatu hikmah bagi kita semua. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Kita harus selalu siap siaga terhadap ujian Allah. Allah-lah yang Maha Mengetahui dan yang Maha Menguasai. Di puncak gunung, atau di tanah lapang, atau dimanapun juga. Tak ada jaminan kita dapat selamat dimanapun kita berada, hanya hati yang menyebut Asma Allah-lah tempat berlindung yang paling aman. Hanya hati yang berhias Asma Allah-lah pelindung kita yang paling utama,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishBahasa Indonesia