Unrika, KKN, Batu Aji, Batam

Wujudkan Kepedulian Lingkungan dan Anak

Unrika, KKN, Batu Aji, Batam
Mahasiswa Unrika 2017 KKN di Puskopkar

BATUAJI (HK) – Untuk mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan dan anak, 26 mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam, menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Puskopkar, Kelurahan Bukit Tempayan, Batuaji, Sabtu (2/9).

Dengan mengusung tema “Memberdayaan Masyarakat Urban Dengan Sikap Pengabdian Setulus Hati” mahasiswa dari Fakultas Hukum, Phisipol, Ekonomi, Sastra Ingris, dan Matematik itu memberikan pembelajaran kepada anak anak.

Ketua Kelompok 4 KKN Unrika, Lindu Deni mengatakan, dalam kegiatan KKN para mahasiswa berbaur dengan seluruh lapisan masyarakat. Yakni mengajak warga perumahan untuk bisa meningkatkan kebersihan lingkungan, kepedulian sosial, kedisiplinan, maupun peningkatan keamanan.

“KKN ini juga sebagai pengintegrasian kegiatan pengabdian pada masyarakat. Juga merupakan sebuah mata perkuliahan yang wajib bagi para mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya di Kampus Unrika,” kata Lindu Deni, Sabtu (2/9), di Fasum RW 03 Puskopkar, Batuaji.

Diterangkan, agenda dari kegiatan KKN yang turun lansung ke masyarakat ini ialah bagaimana memberikan sebuah pembelajaran, wawasan pengetahuan, dan bergotong royong demi kebersihan.

“Untuk anak-anak, kami melakukan program pendidikan, program pembelajaran, serta moralitas untuk semua tingkatan (PAUD hingga SPM). Kemudian ditutup dengan cerdas cermat untuk mengetahui sejauh mana penyerapan materi yang diberikan,” terang Lindu Deni lagi.

Selain itu, papar Lindu Deni yang juga seorang anggota kepolisian di Batam ini, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada para remaja untuk bisa mematuhi aturan berlalu lintas di jalan raya. “Yang lebih penting lagi adalah, jangan sampai anak-anak remaja kita sebagai generasi bangsa ini terpengaruh, serta terlibat oleh kegiatan penyalahgunaan narkotika,” tegasnya.

Dosen Pembimbing kegiatan KKN Unrika, Aznedra SE, MM, mengungkapkan kegiatan KKN adalah sebagai pengintegrasian atas kegiatan pengabdian pada masyarakat. Baik dalam bentuk kegiatan pendidikan, penelitian, dan sosialisasi yang dilaksanakan mahasiswa, dengan didampingi dosen.

“KKN ini kami lakukan selama 1 bulan penuh, yang disponsori oleh Lembaga Penelitian Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Unrika Batam dan mahasiswa. Dan apa yang menjadi hasil dan temuan selama kegiatan KKN di masyarakat, tentu akan menjadi bahan bagi kami dalam membuat skripsi nantinya,” ungkap Aznedra.

Tujuannya, terang dosen pembimbing, bagaimana para mahasiswa itu dapat mengetahui setiap perkembangan yang terjadi di masyarakat serta dapat pula dilakukan sebuah pembenahan ke arah yang lebih baik.

Contohnya, terang dosen pembimbing ini, bagaimana para mahasiswa itu bisa berintegrasi dengan masyarakat dan anak anak selama dia mengikuti program KKN tersebut dengan baik.

Ketua RW 03 Perumahan Bambu Kuning, Kelurahan Bukit Tempayan, Batuaji, Rajesh Rila mengungkapkan, kegiatan KKN mahasiswa Unrika di tempatnya sangat positif. Sebab dapat memberikan motifasi dan berkontribusi kepada masyarakat.

“Atas nama warga RW 03 Perumahan Bambu Kuning, kita sangat bangga dan berterimaksih atas pengabdian para mahasiswa. Semoga, hal ini akan menjadi contoh atas pengabdian yang baik di kemudian hari,” ucap Rajesh Rila.

“Dalam kegiatan KKN, anak-anak bisa memamfaatkan fasilitas taman bacaan ceria lebih maksimal, sehingga menjadi sebuah antusiame. Semoga ke depan perpustakaan ini tetap dimanfaatkan dengan baik, atas minat baca dan belajar anak-anak dan masyarakat,” pungkasnya.

Sumber: haluankepri.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishBahasa Indonesia